Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 18 Juli 2009

CDMA EVDO VS GSM HSDPA

/ On : 12.13/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungan saya lebih lanjut via e-mail di herdiansyah_hamzah@yahoo.com.
Judulnya teknologi banget yah. Ya secara gw masuk SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan, mau gak mau harus banyak tau ttg teknologinya. Tapi gw emg haus banget akan teknologi ini.

Jaman sekarang semua orang udah gak awam lg dengan yang namanya internet, sama halnya dengan menjamurnya telepon seluler di semua kalangan. Dengan internet kita dapat membelah dunia hanya lewat PC atau notebook. Informasi ttg apapun bisa kita dapatkan dari internet bahkan juga bisa untuk menjual produk dan jasa. Begitu variatif dan dinamik karenanya sekarang internet membooming di mana - mana.

Internet dapat di akses dgn berbagai cara link koneksi, yaitu Dial Up Connection spt Telkomnet Instant, Dedicated Internet spt Fastnet, Mobile Internet spt EVDO dan HSDPA.

Apa itu EVDO? Evdo (Evolution Data Only / Evolution Data Optimized) adalah teknologi koneksi data / internet berbasis CDMA. Dengan EVDO Generasi 3.5 (Rev A) sebagai generasi teranyarnya. Konon ini merupakan teknologi terbaru (sblmnya Rev 0 / 1x). Di dunia sampai saat ini baru 2 operator yg menggunakan teknologi ini, yaitu Sprint dan Verizon dari AS. Dan di Asia Tenggara baru Indonesia yg meluncurkan teknologi ini karena rata2 Operator CDMA masih menggunakan Rev 0 / 1x. Dan perusahaan tempat gw bekerjalah yang pertama di Indonesia meluncurkan EVDO Rev A dan tak berlebihan kiranya perusahaan ini mendapatkan penghargaan MURI ketika launching produk ini bln November kmrn. Karena kita Operator pertama yang launch EVDO Rev A secara komersil. Keren kan ....
nah sekarang apa pula yg dimaksud dengan HSDPA? HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) adalah teknologi internet berbasis GSM, dgn Rel 5 versi yang paling update.


Berikut comparison EVDO dan HSDPA:

TECHNOLOGY ASPECT - EVDO Rev A & HSDPA Rel 5
NO
DESCRIPTION
EVDO REV A
HSDPA Rel 5
1
Spectral Frequency
1.25 MHz
5 MHz
2
Data Downlink Throughput
3.100 Kbps
3.600 Kbps
3
Data Uplink Throughput
1.800 Kbps
384 Kbps
4
Round Trip Delay
50 ms
110 ms


Dari data di atas dapat dilihat bahwa, dengan menggunakan frekuensi ¼ resources lebih kecil dari HSDPA, EVDO memiliki kemampuan kecepatan downlink yang berimbang jika dibandingkan dengan HSDPA. Downlink adalah proses transfer data dari internet ke PC user dan Uplink sebaliknya. Speed downlink selalu lebih besar dari pada uplink karena downlink mengirimkan data yang lebih besar quotanya.
Pada teknologi EVDO voice ama datanya terpisah kanal, sehingga tidak mengganggu each other, tp kalo di HSDPA, yg ada sharing voice dan data. akibatnya begitu traffic voice up, secara otomatis traffic data lgsg down.
ttg QoS (Quality of Services, by default pd EVDO sudah otomatsi ada seangkan pada HSDPA ttdk. QoS adalah added services dr operator tsb.

penting gak seh, postingan gw ni. bodo' ah...

0 komentar:

Posting Komentar

About Me : Herdiansyah Hamzah

Foto saya
Halo nama saya Muhamad Yudha Prawira Atmaja. aku lahir di Tangerang Pada rabu, 18 agustus 1995. Saya Seorang pelajar kelas 1 SMK Swasta di Bandung. aku menulis blog ini sekedar berbagi cerita tentang IT dan dunia gadget. Saya ingin sekali menjadi seorang IT seperti Pak Onno W Purbo. Saya sangat senang bisa berdiskusi, jika berkenan saya menantikan komentarnya.